Work Hard, Play Harder

Follow
Twitter @chalzable
Instagram ID = chalzable
Line ID = chalzable
Facebook and Email = hatebinz@yahoo.com


SoundCloud = https://soundcloud.com/ichaaal

Tuesday, September 3, 2013

Keindahan Sejati Pulau Weh, Bumi Sabang (Magnificent Weh Island)

















Dari Sabang Sampai Merauke berjajar pulau-pulau Sambung menyambung menjadi satu itulah Indonesia...

Bagi yang berasal dari Indonesia mungkin cukup familiar dengan cuplikan lagu tersebut. Lagu yang sangat representatif menggambarkan betapa uniknya Indonesia yang merupakan negara kepulauan. Di salah satu liriknya disebut pula nama satu kota yaitu Sabang dimana titik perhitungan 0 km Indonesia ada di sini. Bukan hanya itu potensi wisata daerah ini tidak usah diragukan lagi dan sudah bukan rahasia lagi di kalangan wisatawan lokal dan mancanegara betapa indahnya Pulau Weh, bumi Sabang.


Perjalanan penuh kenangan di ujung Indonesia

Pulau Weh merupakan sebuah pulau vulkanik, dahulunya pulau ini pernah terhubung dengan pulau Sumatera namun terpisah akibat letusan gunung merapi pada zaman pleistosen.

Untuk mencapai pulau weh dapat dilakukan dengan menyebrang dengan menggunakan kapal feri di Pelabuhan Ulee Lheue Banda Aceh menuju Balohan di Pulau Weh. Untuk menuju Pelabuhan Ulee Lheu dapat ditempuh dengan 45 menit perjalanan darat dari bandara sultan iskandar muda Aceh (taksi tersedia di airport).

Kapal feri menuju Balohan juga ada 2 pilihan, kapal feri lambat yang menempuh waktu 1,5 jam atau kapal feri cepat yang membutuhkan waktu hanya 45 menit dengan harga sedikit lebih mahal tentunya. Bagi yang ingin mengabadikan gambar dan tidak diburu waktu, pilihan kapal feri lambat sangat tepat mengingat pemandangan yang disuguhkan sangatlah indah.

Jangan kaget sesampainya di Pelabuhan Balohan jika dermaga dengan air laut berwarna biru jernih dibentengi pepohanan kelapa hijau menyambut anda. Rasanya perjalanan jauh ke tempat ini terbayarkan dengan pemandangan yang disajikan. 


Mengenal dan mengintip keindahan pulau terbesar di utara Banda Aceh, Pulau Weh

Nama pulau yang termasuk dalam wilayah administrasi kota Sabang, Provinsi Aceh ini memang tidak seterkenal nama Sabang. Selama ini wisatawan kebanyakan hanya tahu dengan Sabang karena keindahan panorama alamnya. Padahal Sabang berada di Pulau Weh, merupakan kota terbesar di pulau ini dan kota di ujung barat Indonesia.

Pulau weh terkenal dengan ekosistemnya dan sudah lama ditetapkan sebagai suaka alam oleh pemerintah. Pulau weh dikelilingi oleh 4 pulau kecil yaitu Pulau Rondo, Pulau Rubiah, Pulau Klah dan Pulau Seulako. Atraksi utama pulau weh sudah jelas jatuh kepada wisata Baharinya, kepulauan yang berasa di perairan Laut Andaman ini memiliki banyak tempat yang sangat indah.


Terbangun bersama deburan ombak di Pantai Sumur Tiga

Pulau weh memiliki beberapa tempat yang menjadi pusat wisatawan. Salah satu tempat bagi mereka yang mendambakan ketenangan, jauh dari keramaian maka Sumur Tiga adalah tempat yang tepat, dibandingkan dengan Iboih yang relatif lebih ramai.

Sumur Tiga terkenal dengan keindahan pantainya yang berpasir putih bersih dengan beberapa batuan karang di beberapa sisi pantai dengan tumbuhan tropis di pinggir pantai, mayoritas pepohonan kelapa. Sumur Tiga juga memiliki beberapa penginapan dan resort yang mayoritas berada tepat di tepi pantai, yang menjadikan tempat ini sangat eksotis. Bangun pagi dengan deburan ombak, menuju balkon membuka pintu kamar dan langsung disajikan pemandangan pantai biru jernih berombak kecil dengan udara segar khas pantai adalah beberapa hal yang ditawarkan tempat ini. Spontan sensasi liburan yang jauh dari hiruk pikuk kota langsung terasa ketika berada di tempat ini.

Aktivitas yang bisa dilakukan di tempat ini juga beragam, mulai dari sekedar berenang di pantai yang tenang, berjemur sembari menikmati kelapa muda bahkan sampai snorkeling bisa dilakukan disini. Makanan khas laut juga sangat mudah ditemukan di tempat ini dengan harga yang relatif terjangkau.

Jadi tunggu apa lagi, Pack Your Bag and Go For Weh Island.

1 comment:

pendaftaran cpns said...

Pulau Weh Sabang memang keren :)