Work Hard, Play Harder

Follow
Twitter @chalzable
Instagram ID = chalzable
Line ID = chalzable
Facebook and Email = hatebinz@yahoo.com


SoundCloud = https://soundcloud.com/ichaaal

Tuesday, September 3, 2013

Jungfraujoch, Top of Europe, Switzerland













Menuju puncak bersalju abadi Jungfraujoch

Top of Europe di ketinggian 3454 m di atas permukaan laut





Swiss adalah sebuah negara federal berisi 26 canton di Eropa Tengah yang berbatasan dengan Jerman, Perancis, Italia, Liechtenstein dan Austria. Swiss adalah negara yang sebagian besar wilayahnya terdiri dari Pegunungan Alpen. Swiss dikenal sebagai negara netral namun tetap memiliki kerjasama internasional yang kuat. Swiss berbatasan dengan Jerman, Perancis, Italia, Austria dan kerajaan kecil Liechtenstein. Masyarakat Swiss menuturkan banyak bahasa dan terdapat empat bahasa resmi, iaitu bahasa Jerman, Perancis, Italia dan bahasa Romansh yang kurang populer.

Swiss kaya dengan sejarah sebagai sebuah negara yang netral tanpa memandang masa perang atau damai (dan tidak pernah terlibat dalam perang terhadap pemerintahan asing sejak tahun 1815). Oleh karena itu, Swiss dijadikan tuan rumah berbagai organisasi internasional seperti PBB yang, meskipun markas besarnya ada di New York City, namun banyak mendirikan kantor di Swiss.

Swiss sudah terkenal sebagai salah satu negara yang wajib dikunjungi ketika berada di Eropa. Jika sudah memutuskan untuk mengunjungi swiss rasanya kurang lengkap jika tidak melihat salju abadi yang ada di segala musim meskipun summer sekalipun. Salah satu spot yang terkenal di swiss dan merupakan top of europe dengan ketinggian 3454 m adalah Jungfraujoch. Disinilah pemandangan spektakuler bisa dinikmati siapapun yang mengunjunginya.



Grindelwald, desa wisata di ketinggian 1034 m di atas permukaan laut

Menikmati keindahan swiss dari ketinggian jelas tidak cukup hanya dalam satu hari, sehingga overnight stay adalah hal yang umumnya dilakukan orang yang berkunjung untuk melihat Jungfraujoch. Salah satu desa wisata yang terkenal adalah Grindelwald, dimana desa ini bertransformasi menjadi puluhan hotel dan hostel disesuaikan dengan budget, restoran dan aktivitas wisata lain.

Untuk mencapai Grindelwald bisa dengan mobil/bus atau jalur transportasi umum yang jadi pilihan utama adalah kereta. Titik awalnya adalah di Interlaken Ost (567 m above sea level) berbagai tempat di Eropa bisa di arahkan ke sini seperti saya jalur yang diambil Geneve - Bern - Interlaken Ost.
Setelah sampai di Interlaken Ost tujuan selanjutnya adalah Zweilutschinen (683 m above sea level), di Zweilutschinen ada 2 jalur berbeda yang satu menuju Grindelwald dan yang satu menuju Lauterbrunnen.

Perjalanan dari interlaken Ost menuju Grindelwald kurang lebih 1 jam. Grindelwald terkenal akan pesona desa wisata yang dikelilingi pegunungan, nerada di kaki gunung eiger dengan pemandangan landscape Alpen. Dari Grindelwald saat summer akan terlihat gradasi hijaunya ppepohonan di kaki gunung, snow-capped dan gunung-gung terkenal di dunia seperti Wetterhorn, Eiger, Monch dan Jungfrau. Ini yang menjadikan Grindelwald begitu mempesona dan Jungfraujoch hanya ditempuh dalam waktu 1,5 jam langsung dari Grindelwald.



Breathtaking view di petualangan menuju Jungfraujoch

Bagi kita yang berasal dari negara tropis, jelas salju adalah hal yang sangat sulit untuk dilihat atau disentuh, kecuali rela mendaki gunung ke puncak jayawijaya. Jadi wajar jika mayoritas wisatawan asing yang berasal dari negara-negara tropis memiliki antusiasme yang besar ketika berada di tempat ini. Sepanjang perjalanan menuju Jungfraujoch, pemandangan berupa pedesaan di kaki gunung kemudian hutan pinus yang begitu hijau dan indah atau sekedar gunung berbatu dilapisi salju akan mebuat siapapun yang melihatnya berdecak kagum.


Nama yang mendunia, Jungfraujoch masuk ke dalam UNESCO World Heritage List

Jungfraujoch dikenal dunia sebagai salah satu tempat yang memiliki pemandangan spektakuler di rangkaian pegunungan Alpen. Area Jungfrau-Aletsch sendiri adalah salah satu tempat yang sangat indah sehingga masuk kedalam UNESCO World Heritage List pada bulan Desember 2001.

Untuk mencapai Jungfraujoch dari Grindelwald dibutuhkan 170 SFr (mata uang Swiss) sekitar 2 juta rupiah untuk trip pulang pergi, cukup mahal tapi sebanding dengan apa yang akan dilihat di Jungfraujoch.
Jungfraujoch mulai dibuka pada tanggal 1 Agustus 1912 setelah masa konstruksi selama 16 tahun untuk railway dengan altitude tertinggi mencapai 3454 m di atas permukaan laut. Banyak aktivitas yang bisa dilakukan di Jungfraujoch mulai dari merasakan sensasi suhu dibawah 0 derajat celcius di atas Jungfraujoch dimana awan berada di satu garis horizontal, berbelanja souvenir di gedung 4 lantai di atas gunung salju atau menikmati makan di restoran sembari menikmati indahnya pegunungan yang ditutupi salju.

No comments: