Work Hard, Play Harder

Follow
Twitter @chalzable
Instagram ID = chalzable
Line ID = chalzable
Facebook and Email = hatebinz@yahoo.com


SoundCloud = https://soundcloud.com/ichaaal

Tuesday, September 3, 2013

Lengkuas Island, Belitong - Must visit place in Belitung












Lengkuas Island
the signature of Belitung


Siapa yang tidak kenal Belitung? Sejak pemutaran perdana film Laskar Pelangi tempat ini seakan mencuat ke permukaan. Para pecinta wisata bahari mulai melirik tempat ini karena terpesona oleh keindahan alamnya yang masih sangat alami.

Batuan granit yang menjulang menjadi ciri khas pantai-pantai yang ada di Belitung, menjadikannya unik dan otomatis menjadi ciri khas Belitung. Kali ini mari mengintip lebih dekat wisata bahari apa saja yang bisa ditemukan di negeri laskar pelangi ini.

Pulau Lengkuas, keindahan laut Belitung dari atas mercusuar dengan ketinggian 50 meter

Pulau Lengkuas bisa dibilang menjadi primadona Belitung. Tidak lengkap rasanya berkunjung ke Belitung tetapi tidak mengunjungi pulau ini.
Pulau lengkuas memiliki keunikan berupa terdapatnya sebuah mercusuar yang masih beroperasi hingga saat ini.
Menariknya lagi pengunjung bisa naik ke atas untuk menikmati keindahan 360 derajat pulau dari ketinggian.
Namun yang perlu diperhatikan adalah tingginya setara dengan gedung 12 lantai atau sekitar 50 meter, jadi siapkan tenaga ekstra untuk meniti tangga memutar untuk sampai ke atas mercusuar.

Segala perjuangan keras pasti membuahkan hasil, layaknya perjalanan menuju puncak mercusuar. Dari atas mercusuar pemandangan panorama alam yang menakjubkan sudah menanti, batuan granit yang seolah berserakan berpadu dengan birunya air laut, putihnya pasir pantai, hijau pepohonan di bibir pantai dengan jejeran perahu yang berlabuh di tepi pulau menjadikan semua perjalanan melelahkan terbayarkan.
Wajar jika Pulau Lengkuas menjadi the signature of Belitung.

Pantai Tanjung Kelayang, sebuah titik awal perjalanan impian

Pantai Tanjung Kelayan memiliki arti yang unik. Kelayan diambil dari jenis burung yang sering berada di dekat pantai, dinamakan Tanjung Kelayan karena pantai ini memiliki batuan granit yang menyerupai burung Kelayan.

Pantai Tanjung Kelayan merupakan awal perjalanan menuju pulau-pulau di sekitar Belitung, sebut saja Pulau Lengkuas dan Pulau Burung. Dari pantai tanjung kelayan menuju Pulau Lengkuas dapat ditempuh sekitar setengah jam dengan kapal yang mudah ditemukan di sepanjang pantai tanjung kelayan.

Jika beruntung selama perjalanan dari tanjung kelayan berbagai biota laut bisa anda temukan. Salah satu yang cukup terkenal adalah bintang laut yang jumlahnya cukup banyak di tempat ini.


Pulau Burung, sensasi piknik di atas pasir putih dan rindangnya pepohonan

Pulau Burung bisa dibilang menjadi tempat yang paling tepat untuk piknik makan siang, karena pulaunya dikelilingi pepohonan rindang yang sangat nyaman untuk bersantai sejenak sembari menikmati indahnya pantai.

Dinamakan pulau burung karena di satu tempat pulau ini ada profil bebabtuan yang membentuk kepala burung. Berjalan di atas pasir putih dan merendamkan kaki di beningnya air laut adalah sensasi tersendiri yang bisa dilakukan ditempat ini. Selain itu menyusuri bebaruan granit menjauhi pulau ke tengah pantai adalah hal seru yang bisa dilakukan di pulau burung ini, apalagi bersama teman-teman dekat.

Snorkeling, Diving dan wisata kuliner wajib Belitung

Bagi pecinta laut nampaknya tidak boleh melewatkan kesempatan snorkeling dan diving di Belitung. Pemilik kapal sudah hafal daerah mana yang menjadi spot bagus untuk melihat karang, koral dan berbagai spesies ikan menjadikannya surga bagi para pecinta snorkeling dan diving.

Puas berkeliling pukau dan bermain air nampaknya masih kurang jika tidak mencoba nikmatnya wisata kuliner Belitung. Salah satu yang wajib dicoba adalah Mie Belitung, yang merupakan mie berkuah dimana kuahnya terasa manis gurih dan sedikit kental. Jika anda bukan penggemar mie, seafood segar seperti udang bakar, ikan segar bisa menjadi alternatif pilihan makan.

Jadi tunggu apa lagi, kemasi barang dan segera liburan ke Belitung.

No comments: