Work Hard, Play Harder

Follow
Twitter @chalzable
Instagram ID = chalzable
Line ID = chalzable
Facebook and Email = hatebinz@yahoo.com


SoundCloud = https://soundcloud.com/ichaaal

Tuesday, September 3, 2013

Venice, Italy at Night














Venice at Night
Not only Good but Spectacular


Venice adalah ibu kota regione Veneto dan Provinsi Venesia di Italia dan dikenal dengan sebutan "La Dominante", "Serenissima", "Queen of the Adriatic", "City of Water", "City of Bridges", and "The City of Light". Kota Air, mungkin ini sebutan yang pas untuk Venice. Kota yang terletak di bagian timur laut Italia ini langsung mengingatkan kita pada sebuah nama, Marco Polo. Nama pedagang asal Venice yang mengembara ke sejumlah negara Asia ini mudah diingat karena tercantum di berbagai buku sejarah yang diajarkan sejak sekolah dasar. Nama Marco Polo tak bisa dipisahkan dari Venesia. Bahkan nama Marco Polo diabadikan sebagai nama bandara di kota itu.

Venice sering dijuluki sebagai salah satu kota terindah dunia. Rasanya julukan ini tidaklah berlebihan karena memang pesona kota ini sangat memukau, dengan lebih dari 400 jembatan kecil terbentang menghubungkan satu sisi dengan sisi yang lain karena kota ini terkenal akan kanal-kanal (sungai) kecil yang mengalir di segala penjuru kota.
Venice termasuk kota yang tidak terlalu tua jika dibandingkan dengan Roma, London atau Paris. Namun ada beberapa tempat di beberapa penjuru kota yang terlihat seolah-olah kota ini berdiri sudah lama sekali. 


Keindahan Grand Canal di malam hari, lukisan panorama keindahan kota

Ketika matahari mulai tenggelam, dan langit mulai gelap dan ditaburi bintang inilah waktu yang tepat untuk mencari tempat yang tepat untuk sekedar diam dan menikmati indahnya Grand Canal di saat malam. Saya memilih Pongte Degli Scalzi sebuah jembatan tidak jauh dari stasiun kereta Venezia S. Lucia dimana Grand Canal bisa terlihat dengan jelas terbentang di bawah jembatan.
Perpaduan bangunan pemukiman dan hotel-hotel,  public transport di air (water bus), gondola yang menjadi ikon kota juga restoran di pinggir kanal memberikan pemandangan yang luar biasa indahnya. Spontan romantisme kota ini begitu terasa ketika malam.
Selain Grand Canal dari Pongte Degli Scalzi juga bisa dinikmati gereja berarsitektur memukau Chiesa Degli Scalzi, bangunan kokoh dengan remang-remang lampu kuning keemasan makin membuat tempat ini mempesona.


Berjalan kaki bersama sesama pelancong menuju Ponte di Rialto

Rasanya tidak lengkap rasanya ke Venice tetapi tidak berjalan kaki mengitari kota, hal ini sudah menjadi hal yang sangat umum bagi orang-orang yang berada disini. Selain menyenangkan karena banyak teman berjalan kaki, kita juga bisa menikmati keindahan tiap sudut kota. Berbagai ras suku bangsa dari seluruh pesosok dunia rasanya berkumpul disini saat summer vacation, aktivitas di jalan mulai dari mengabadikan gambar, penduduk setempat yang menjual barang dan souvenir atau renyah tawa dari orang-orang yang sedang berada di restoran yang bertaburan sepanjang jalan adalah hal yang bisa kita lihat disini.

Seperti yang disebutkan sebelumnya lebih dari 400 jembatan ada di Venice namun rasanya yang paling terkenal adalah Ponte di Rialto. Yang membuat jembatan ini terkenal salah satunya adalah adanya toko yang berdiri di tengah-tengah jembatan yang ketika siang akan penuh oleh para wisatawan. Selain itu salah satu tempat pemberhentian water bus RIALTO ada di dekat jembatan, jadi bagi mereka yang enggan untuk berjalan bisa menggunakan water bus untuk menuju Ponte di Rialto ini.


Nikmati home made ice cream Gellato selagi berada di Venice

Selain sensasi kuliner makanan italia, venice juga terkenal akan ice cream buatan sendiri (homemade) gellato berbagai rasa. Cukup dengan membayar 2 Euro saya bisa menikmati gellato tiramisu dan vanilla dalam satu cone yang sangat lezat. Jika anda menginginkan Gellato saat malam, jangan khawatir, beberapa toko bahkan menjualnya sampai dini hari dan uniknya tempat ini selalu ramai walaupun sudah malam.

Akhirnya malam semakin larut perjalanan saya hentikan sebelum beristirahat menuju hotel. Perhentian terakhir ada di chiesa della salute yang terletak tidak jauh dari Piazza S. Marco dan S. Giorgio. Chiesa Della Salute sangat indah ketika malam walaupun relatif sepi jika dibandingkan dengan Rialto.

Jadi jangan lupa ketika berada di Venice, sempatkan diri untuk melihat kota ketika malam hari dan dapatkan pengalaman tidak terlupakan. Selamat berlibur !!

No comments: