Work Hard, Play Harder

Follow
Twitter @chalzable
Instagram ID = chalzable
Line ID = chalzable
Facebook and Email = hatebinz@yahoo.com


SoundCloud = https://soundcloud.com/ichaaal

Tuesday, September 3, 2013

Cannes, Nice, Mandelieu, South France








 




Menjelajah Cannes, Nice dan Mandelieu
Kota bernuansa pantai di selatan Perancis
  

Bulan Juni sampai pertengahan Agustus adalah waktu yang tepat untuk mengunjungi kota-kota di selatan Perancis, karena pada bulan-bulan tersebut adalah summer time dan pada umumnya orang-orang di eropa berbondong-bondong menuju tempat yang bisa digunakan untuk menghabiskan summer vacation mereka. Pilihan yang paling banyak menjadi alternatif adalah pantai, dan dimana lagi bisa menemukan pantai-pantai indah di Perancis selain di sisi selatan negara tepatnya di daerah Cannes, Nice dan Mandelieu.


Pesona kota Nice sebagai gerbang para wisatawan memasuki selatan Prancis

Nice adalah sebuah kota di Perancis Selatan yang terletak di tepian Laut Tengah, antara Marseille dan Genoa. Kota ini merupakan pusat turis utama dan resort nomor satu di Riviera Prancis - Côte d'Azur. Terletak di région Provence-Alpes-Côte-d'Azur, Nice adalah sebuah commune dan préfecture (ibukota pemerintahan) département Alpes-Maritimes.

Jika dibandingkan antara Cannes, Nice dan Mandelieu maka Nice adalah kota yang terbesar di antara ketiganya. Dengan mayoritas penerbangan eropa menuju selatan Perancis melewati kota ini (berbeda dengan airport cannes-mandelieu). Seperti halnya kota-kota yang terletak di pinggir pantai, Nice memiliki iklim yang sempurna untuk menghabiskan waktu liburan ketika summer. Di sepanjang pesisir pantai yang memanjang dan jika dilihat dari satelit menyerupai busur panah terhubung dari Monaco sampai Mandelieu (Golfe de la Napoule).

Nice juga memiliki stasiun kereta SNCF bernama gare de nice yang melayani perjalanan dari Mandelieu-la-Napoule melewati Monaco sampai Ventimiglia. Akses transportasi di Nice juga sangat mudah dengan adanya bus kota dengan jalur spesifik, dan sangat memudahkan wisatawan awam yang datang karena di tiap halte perhentian bus terdapat peta kota lengkap dengan posisi kita sekarang dan jalur-jalur bus.


Cannes, Kota kecil pusat pemutaran festival film internasional, Palais des Festivals

Pasti festival film internasional tidak asing ditelinga penikmat film dan di Cannes ini adalah pusatnya, dengan gedung yang jika terlihat dari atas seperti piringan raksasa adalah pusatnya, Palais des Festivals. Palais des Festivals terletak tepat di pinggir pantai, dan bagi yang tertarik dengan sejarah perfilman maka ada satu paket tour di atas kereta kecil bernama Train du Cinema yang mengajak kembali menjelajahi waktu dengan banyak cerita yang dipaparkan mulai dari The Legendary Palais des Festivals, Forvillr Provencal Market, The medieval old town of Le Suquet, La castre dan masih banyak lagi.

Tetapi jika bagi penikmat pantai, pesisir pantai cannes adalah tempat yang sempurna untuk berjemur, berenang atau sekedar bermain/berolahraga di pinggir pantai. Karena ramainya tempat ini juga dipenuhi bar dan restoran pinggir pantai juga penjual souvenir dan makanan ringan. Jangan kaget jika culture eropa saat musim summer apalagi berada di pantai, pakaian minim adalah pemandangan umum yang bisa dilihat di tempat ini.

Puas menikmati pantai kita bisa berjalan menjauhi pantai menuju pusat kota dimana shopping outlet barang-barang bermerk terkenal bertaburan dengan harga yang bisa 2-3 kali lebih murah dari Indonesia. Selain itu berbagai pilihan restoran atau supermarket kecil juga terdapat disini menjadikannya pusat kota cannes juga selalu ramai oleh wisatawan di saat summer.


Mandelieu pilihan liburan pantai yang tenang dan sepi

Bagi beberapa orang ada yang tidak begitu menyukai keramaian seperti Nice dan Cannes ketika liburan. Jika itu masalahnya, maka Mandelieu adalah pilihannya. Bagi keluarga yang memiliki anak kecil cenderung memilih mandelieu sebagai tempat menghabiskna summer vacation. Dengan memilih hotel yang terletak di pinggir pantai menjadikannya mudah diakses untuk wisata keluarga.

Mandelieu juga memiliki port dimana disewakan boat dan yacht buat siapa saja yang biasanya disewakan per jam dengan harga variatif tergantung jenis dan besar kapal yang di sewa. Jika melihat sendiri ke port ini sejauh mata memandang kita akan melihat boat dan yacht yang berbaris rapi di lautan yang sedemikian rupa menjadikannya objek foto yang sangat bagus bagi orang-orang yang tidak bisa mengemudikan yacht, hanya mengabadikan lewat gambar.

Nice, Cannes dan Mandelieu jelas menjadi kota-kota kecil di selatan Perancis yang tepat untuk menghabiskan summer vacation. Jika ada kesempatan ke Perancis, jangan melewatkan kota-kota ini. Selamat berlibur.

No comments: