Work Hard, Play Harder

Follow
Twitter @chalzable
Instagram ID = chalzable
Line ID = chalzable
Facebook and Email = hatebinz@yahoo.com


SoundCloud = https://soundcloud.com/ichaaal

Tuesday, September 3, 2013

Toba Lake, North Sumatera, Indonesia













Indonesia tidak pernah kehabisan pesona untuk potensi wisatanya. Salah satu primadona untuk wilayah Sumatera bagian utara jelas tidak lain adalah danau vulkanik dengan ukuran panjang
100 kilometer dan lebar 30 kilometer yang juga mengukuhkan namanya sebagai danau terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara, Danau Toba.


Danau Toba, sebuah mahakarya danau vulkanik magnet wisatawan lokal dan mancanegara


Danau Toba disebut danau vulkanik, karena diperkirakan sekitar 75000 tahun yang lalu Danau Toba terbentuk akibat letusan supervulcano (gunung berapi super). Nama danau toba juga erat kaitannya dengan sebuah pulau vulkanik yang terletak di tengah danau toba, yaitu pulau Samosir. Yang menjadikannya unik adalah karena dibentengi oleh danau toba yang sangat luas pulau samosir seperti pulau dalam pulau, dengan ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut menjadikannya magnet bagi wisatawan dalam dan luar negeri.

Berbicara masalah pusat konsentrasi para wisatawan berada di daerah Tuk Tuk, di tempat ini resort dengan harga bervariasi menjamur di sepanjang sisi danau dengan fasilitas yang sudah sangat layak untuk tempat wisata. Nampaknya penduduk lokal juga sadar betul akan potensi wisata samosir, segala infrastruktur nampaknya sangat memanjakan wisatawan, sebut saja penyewaan kendaraan mulai dari mobil, motor sampai sepeda kita hanya perlu meminta dari pihak hotel semua dengan cepat tersedia dengan harga yang relatif terjangkau.


Menyebrang Danau Toba menuju Samosir bukan perjalanan biasa


Bagaimana cara untuk mencapai tempat ini? Danau toba dan pulau samosir memang cukup jauh dari pusat kota Medan. Banyak alternatif pilihan kendaraan untuk menuju Samosir, bagi yang tidak mau repot bisa menggunakan jasa taksi dari bandara polonia di Medan menuju parapat atau bisa dengan menggunakan jasa travel ke parapat. Tapi bagi yang ingin sedikit bertualang dan biaya yang jelas murah seperti saya, bisa menggunakan jasa bentor (becak motor) yang bisa ditemukan di pintu keluar airport menuju terminal amplas dilanjutkan dengan bus sejahtera tujuan parapat (cukup dengan Rp 25000).
Perjalanan dari Medan menuju parapat memakan waktu 4-5 jam tergantung lalu lintas. Menuju pulau Samosir dari parapat dapat dilakukan dari beberapa alternatif cara, jika yang dituju adalah Tuk Tuk maka menggunakan jasa kapal penyeberang dari pelabuhan tiga raja parapat adalah cara paling tepat (cukup membayar Rp 10000 sekali jalan) dan langsung diantar menuju dermaga di hotel atau resort tempat kita menginap (karena di Tuk Tuk tidak ada dermaga khusus layaknya pelabuhan di parapat).
Namun jika yang dituju adalah Tomok maka Pelabuhan Ajibata adalah alternatif terbaik, karena ada kapal feri khusus yang mengantarkan ke Tomok. Menuju Tuk Tuk bisa juga lewat pelabuhan ajibata menuju Tomok, namun harus dilanjutkan dengan naik ojek dari Tomok menuju Tuk Tuk.


Tuk-Tuk Samosir, pusat konsentrasi wisatawan lokal dan mancanegara


Selama berada di Tuk Tuk, aktivitas yang dilakukan sangat beragam mulai dari berenang dan melakukan water sport seperti jet ski sampai berkeliling pulau dengan jalan utama hanya satu dan letaknya di pinggir danau sehingga wajar jika pemandangan yang disuguhkan sangat spektakuler. Melihat aktivitas penduduk lokal, anak-anak kampung yang bermain di pinggir danau atau bapak-bapak yang sedang menjaga keramba untuk menangkap ikan di tengah danau juga memberikan nuansa liburan tersendiri, jauh dari hiruk pikuk kota besar dengan udara yang sangat segar dan pemandangan yang juara.

Ketika malam tiba pihak pengelola resort di samosir juga tidak kehilangan akal untuk menghibur tamunya. Persembahan tari tor-tor diiringi alunan musik khas batak oleh musisi lokal adalah salah satu cara memperkenalkan budaya Indonesia yang kaya, tidak jarang membuat turis asing terkagum-kagum ditambah dengan eksotisme pulau ketika malam membuat spontan suasana liburan makin terasa.

Jika anda berencana ke sumatera bagian utara. Pastikan Danau Toba dan Pulau Samosir menjadi salah satu agenda wajib dikunjungi. Selamat berlibur.

No comments: