Work Hard, Play Harder

Follow
Twitter @chalzable
Instagram ID = chalzable
Line ID = chalzable
Facebook and Email = hatebinz@yahoo.com


SoundCloud = https://soundcloud.com/ichaaal

Tuesday, September 3, 2013

Vatican, Italy












Vatican City
The world's smallest independent city-state


Vatican merupakan Negara terkecil di Dunia, dengan luas wilayah kurang dari 1 km², atau  haya 0,44 km². Namun, Vatikan memang menjadi sebuah negara yang independen dan berdaulat seperti layaknya negara-negara besar lainnya. Hanya saja negara ini identik dengan  Katolik Roma, yang secara hirarki dipimpin oleh pemegang tertinggi kedaulatan  Pope Benedict XVI.

Vatican City (Vatikan) bagi umat Katolik tempat ini adalah tanah suci mereka, layaknya Mekkah untuk umat Islam. Bangunan yang paling mendominasi di Vatikan adalah Piazza San Pietro dmana beberapa film hollywood pernah mengambil setting di tempat ini dengan adegan yang typical, sang Paus memberikan salam dengan melambaikan tangan dari balkon kepada pengunjung yang memenuhi halaman Piazza San Pietro. Bagi yang pertama kali menginjakkan tempat ini, memang Piazza San Pietro ini nuansa religinya sangat kental.

Vatican merupakan atraksi wisata nomer satu dari Kota Roma. Dan merupakan bagian dari setiap paket wisata selain kunjungan pada tempat-tempat lainnya seperti Colosium, City Square, piramida Roma dan tempat-tempat lain yang tidak kalah nilai sejarahnya. Vatikan tidak hanya punya sejarah yang panjang dan kegemilangan sejarah ini masih hidup sampai sekarang dan terpakai.


Piazza St. Pietro, kemegahan atraksi utama Vatican City

Lapangan berbentuk oval yang sangat besar ini dibangun oleh Gian Lorenzo Bernini antara tahun 1656 – 1667, dengan panjang 240 meter pada bagian yang paling lebarnya. Sedangkan bangunan gerbang pilar tersebut yang berbentuk setengah lingkaran yang mengelilingi lapangan ini, dimana terdapat jalan lorong dengan barisan tiang yang menopang atap , terdiri dari 284 tiang Column. Di seluruh bagian atas dari bangunan setengah lingkaran ini terdapat patung-patung para orang Suci (Santo/Santa) yang dibuat oleh Sekolah milik Bernini dengan jumlah 140 buah patung yang tinggi masing-masing dari patung ini adalah 3,2 meter.

Obelisk yang berdiri di tengah lapangan dengan tinggi 25,50 meter, dibawa dari Alexandria oleh Kaisar Agustus. Dipindahkan ke lapangan ini pada tahun 1586 oleh Domenico Fontana atas perintah Paus Sixtus V. Sebenarnya ada dua obelisk yang dibawa dari Alexandria ini namun satu lagi dibawa ke Amerika Serikat. Dua obelisk ini oleh sebagian orang dianggap keramat, karena di Mesir dulu mereka juga dianggap demikian karena konon katanya kedua obelisk ini dianggap mempunyai aura yang kuat sebagai tiang pancang kosmos, pusat peradaban. Bedanya dengan obelisk yang di Amerika, obelisk yang di Vatican ini dipasang salib di puncaknya.




Basilica di San Pietro, ikon Vatikan yang tak lekang oleh waktu

Basilica di San Pietro adalah gereja terbesar yang dimiliki umat kristiani dan juga merupakan cerminan wajah Vatikan, Independent city-sate paling terkecil di dunia diikuti oleh Monaco setelahnya. Walaupun dari sisi geographical Vatikan termasuk kecil namun power dan pengaruh terhadap dunia boleh diperhitungkan.

Basilica di San Pietro sendiri selalu mengagumkan dengan ukurannya yang sangat besar mampu menampung sekitar 60.000 orang. Basilica di San Pietro menggambarkan jantung dari Roman Catholicism dengan design dome yang sangat terkenal dan dibuat langsung oleh Michelangelo, mengukuhkan Vatikan dikenal sebagai kota abadi (eternal city).

Gereja ini sendiri memiliki legitimasi spiritual untuk pope yang pertama, Peter the Apostle. Yang dipercaya dikubur ditempat ini sekitar A.D. 64. Basilica di San Pietro bisa dimasuki oleh para pengunjung, namun tidak saat ada kegiatan ibadah. Namun pada saat musim liburan (summer vacation) antrian pengunjung masuk seperti ular, yang mayoritas berasal dari group tour.

Menikmati keindahan Castel Sant'Angelo

Castel Sant'Angelo adalah salah satu daya tarik wisatawan yang berada di satu garis lurus dengan Basilica di San Pietro yang dihubungkan oleh satu jalan yaitu Via Della Conciazione. Salah satu tempat paling indah melihat Castel Sant'Angelo adalah dari atas jembatan Ponte S. Angelo dengan design jembatan yang dimlengkapi oleh patung-patung yang sangat indah.

Dimana banyak wisatawan disitulah ajang berjualan bagi penduduk lokal, layaknya katikan. Namun karena berjualan baik makanan, minuman ataupun souvenir dilarang di halaman Basilica di San Pietro, kebanyakan penjual berada di sepanjang  Via Della Conciazione atau di dekat Castel Sant' Angelo. Begitupula tour bus, bus hop on hop off semuanya tidak bisa memasuki halaman piazza san pietro, ini yang membuat piazza san pietro sangat lapang.

Sehingga dari beberapa point di atas, wajar dengan segala potensi yang dimilikinya pada tahun 1984, Vatikan dimasukkan oleh UNESCO ke dalam daftar Situs Bersejarah Dunia (World Heritage Sites). Inilah satu-satunya situs yang mencakup seluruh wilayah sebuah negara.

No comments: