Work Hard, Play Harder

Follow
Twitter @chalzable
Instagram ID = chalzable
Line ID = chalzable
Facebook and Email = hatebinz@yahoo.com


SoundCloud = https://soundcloud.com/ichaaal

Monday, September 30, 2013

BALI, Pulau Dewata Surga Liburan Si Kecil






Mendengar kata liburan spontan siapapun akan sulit untuk menolaknya jika ada kesempatan. Namun ada kalanya bagi para orang tua yang sudah memiliki buah hati akan memiliki banyak pertimbangan jika merencanakan liburan, dibandingkan dengan mereka yang masih berstatus lajang.
Bagi si kecil, liburan adalah kesempatan untuk melihat hal yang baru, mencoba hal di luar rutinitas dan membuka wawasan akan dunia luar. Salah satu tempat yang ramah untuk liburan si kecil adalah pulau dewata, Bali.

Bali bukan hanya dikenal sebagai primadona wisata Indonesia yang tersohor di mata dunia, namun tempat ini juga memiliki banyak wahana dan atraksi yang sangat memanjakan si kecil. Jadi jika Anda merencanakan liburan bersama si kecil Bali bisa menjadi salah satu tempat yang perlu dipertimbangkan.

Perjalanan dan pemilihan tempat tinggal untuk liburan si kecil

Tantangan pertama ketika berlibur bersama si kecil akan dimulai pada titik paling awal yaitu perjalanan. Media transportasi yang paling efektif menuju Bali adalah lewat perjalanan udara. Hal ini menjadi momok terkadang bagi para orang tua ketika berada dalam situasi si kecil yang tidak berhenti menangis sepanjang perjalanan dalam pesawat udara, selain akan membuat orang tua kewalahan juga akan mengganggu penumpang yang lain. Solusi paling efektif agar hal tersebut tidak terjadi adalah menjaga agar si kecil tetap “sibuk” sepanjang perjalanan, caranya adalah dengan membawa mainan kesukaan si kecil yang memungkinkan untuk dibawa ke dalam kabin atau bisa juga dengan membuka singkap jendela sehingga si kecil teralihkan perhatiaannya atau cara yang lain adalah menyiapkan makanan dan minuman kegemaran si kecil. Namun cara yang paling mudah adalah menjaga agar si kecil tertidur selama perjalanan.

Tempat tinggal juga wajib menjadi pertimbangan, sudah jelas tempat yang ramai dengan pub dan kehidupan malam seperti kuta, legian agak kurang cocok untuk si kecil. Ada baiknya memilih tempat yang jauh dari keramaian, tenang namun aksesnya juga mudah ke pusat kota. Bali bagian selatan adalah salah satu pilihan yang menarik, selain letaknya tidak jauh dari pusat kota seperti kuta, legian, seminyak dan juga airport, selatan Bali seperti nusa dua dan tanjung benoa ini sangat nyaman untuk tempat huni liburan. Apalagi mayoritas hotel dan tempat menginap di selatan Bali langsung berhadapan dengan pantai hal ini menjadi nilai lebih, di pagi atau sore hari si kecil bisa bermain di pantai atau sekedar bermain air di kolam renang hotel.

Sejuknya Ubud dan indahnya terasering di Tegalalang

Ubud dengan sejuta pesonanya sangat sayang jika dilewatkan ketika berada di Bali. Salah satu atraksi wisata yang bisa jadi menarik minat si kecil adalah Mongkey Forest Ubud. Populasi monyet berbagai ukuran akan menjadi pemandangan yang unik bagi si kecil, namun yang perlu diperhatikan adalah pastikan si kecil selalu dalam pengawasan karena terkadang monyet disini sedikit nakal. Selain monyet, hutan yang rindang dengan udara yang sejuk adalah hal tambahan yang ditawarkan tempat ini.

Tidak jauh dari Ubud yang letaknya di sebelah utara di kabupaten Gianyar Bali terdapat tempat indah berupa sawah terasering yang cukup terkenal sehingga ramai dikunjungi wisatawan. Hamparan sawah hijau bertingkat dipadukan dengan pepohonan rindang akan membuat siapapun betah untuk berlama-lama di tempat ini. Beberapa pondok di pinggir hamparan terasering mengakomodir keinginan pengunjung yang ingin bersantai sembari menikmati secangkir teh atau bahkan makanan berat sekalipun. Suasana beragam yang ditawarkan di Bali akan membuat si kecil tidak bosan karena yang dilihat selalu berbeda.

Wisata kuliner dan wisata budaya bersama si kecil

Bali termasuk tempat dengan keragaman wisata kuliner, berbagai jenis panganan tradisional sampai mancanegara memang akan mudah ditemui di berbagai penjuru kota karena memang ditujukan untuk mengakomodasi selera wisatawan lokal dan asing. Beberapa rumah makan khas Bali juga masih dijaga di tempat ini dan cenderung ramai bahkan terkadang harus reservasi jika tidak mau kehabisan tempat. Biasanya selain makanan khas Bali tempat makan ini menyuguhkan atraksi berupa tarian khas Bali sebagai bonus sembari menikmati makanan. Suguhan makanan untuk si kecil juga tersedia di berbagai temat makandi Bali.

Cara lain memperkenalkan si kecil akan kaya nya budaya Indonesia adalah dengan membuatnya terjun langsung ke dalamnya. Menyusuri jalan di sepanjang tanah lot yang menjual hasil karya lukisan, pahatan dan orang-orang yang ramai berlalu lalang akan menjadi nuansa tersendiri bagi si kecil.

Nikmatnya bermain bersama si kecil di pantai dan GWK

Pantai merupakan daya tarik utama di Bali, si kecil juga bisa bebas berlarian disepanjang bibir pantai, bermain pasir atau berlarian ketika ombak menyentuh bibir pantai. Yang jelas semua harus dalam pengawasan orang tua, di pantai kuta contohnya banyak dijumpai rang tua bersama anaknya yang bermain di pantai, menyewa payung kemdudian bersantai di pinggir pantai.

Salah satu tempat lain yang menarik untuk dikunjungi adalah GWK (Garuda Wisnu Kencana). Patung berukuran raksasa bisa menarik minat si kecil belum lagi karena tempatnya yang cukup tinggi, Bali bisa terlihat jelas di tempat ini.

Jadi bagi Anda yang berencana berlibur bersama si kecil, Bali bisa jadi pilihan karena beragamnya tempat yang ditawarkan pulau dewata ini. Selamat berlibur.












No comments: