Work Hard, Play Harder

Follow
Twitter @chalzable
Instagram ID = chalzable
Line ID = chalzable
Facebook and Email = hatebinz@yahoo.com


SoundCloud = https://soundcloud.com/ichaaal

Tuesday, September 3, 2013

Red Light District, Amsterdam, The Netherlands














Amsterdam adalah kota terbesar sekaligus ibu kota Belanda. Kota ini terletak di provinsi Holland Utara di sebelah barat negara ini. Wilayah Amsterdam mencakup bagian utara Randstad, salah satu konurbasi terbesar di Eropa dengan jumlah penduduk sekitar 7 juta jiwa.

Amsterdam tidak hanya terkenal akan kanal-kanal dan jembatan yang memenuhi kota juga atraksi dalam kota seperti royale palace, madame tussaud dan puluhan museum, namun kota ini juga dikenal dengan betapa hidupnya kota ini disaat malam terutama di daerah Red Light District.

Kemilau Red Light District, keramaian di malam hari

Dinamakan Red Light District karena daerah ini terkenal dengan cahaya lampu berwarna merah dan karena jumlahnya banyak dikarenakan pusat kehidupan malam ada disini, ini yang membuatnya terkenal.
Red Light District terletak tidak jauh dari stasiun kereta utama di Amsterdam, Central station (yang juga sangat indah ketika malam). Cukup berjalan kaki menyusuri jalan prins hendrikadde menuju arah Oosterdok, maka akan sangat mudah ditemukan keramaian dengan pusatnya di Warmoesstraat.
Sebelum memasuki Warmoesstraat, sebuah kanal menyerupai kolam renang raksasa menyambut siapapun yang datang, berdiri sejenak di atas jembatan sembari menikmati pemandangan bangunan khas amsterdam dengan jendela-jendela yang memantulkan sinar membentuk refleksi simetris layaknya cermin karena air yang tenang.

Memasuki Red Light District, melewati jalan-jalan sempit cafe-cafe dan restaurant memenuhi sisi jalan, penginapan dari hostel sampai hotel berbintang juga memenuhi tempat ini. Pemandangan yang sangat indah juga ketika menemukan kanal, potret kehidupan malam dengan pantulan cahaya dari bangunan di pinggir kanal, jembatan memberikan nuansa yang tidak bisa didapatkan dari kota lain.

Amsterdam dan Sepeda, gaya hidup sehat dengan bersepeda

Amsterdam termasuk kota yang menerapkan gaya hidup sehat bagi warganya, lihat saja di sepanjang penjuru kota jalur khusus sepeda yang kebanyakan berdampingan dengan jalur pejalan kaki memang khusus disediakan untuk alat transportasi ini. Penduduk lokal mayoritas menggunakan sepeda untuk bekerja dan beraktivitas, selain kontur kota yang relatif rata, tempat satu dan yang lain juga bisa ditempuh dengan bersepeda.

Yang menarik adalah sepeda juga dijadikan salah satu daya tarik bagi wisatawan. Bike tour mengeliling situs bangunan dengan nilai histori secara berkelompok lengkap dengan pemandu menggunakan sepeda atau cuma sekedar menyewa sepeda beberapa jam atau satu harian penuh juga memungkinkan di Amsterdam. Berbagai penjuru kota juga disediakan tempat untuk memarkirkan sepeda lengkap dengan kunci pengaman, jadi tidak perlu khawatir jika meninggalkan sepeda di satu tempat.

Amsterdam dan hubungan erat dengan Indonesia.

Sekilas ada beberapa persamaan antara Amsterdam dan Indonesia karena memang seperti yang kita tahu dahulu Indonesia pernah dijajah oleh Belanda. Beberapa desain bangunan dan jembatan juga sama, contoh sederhana adalah jembatan di kota tua Jakarta yang bisa diangkat ketika ada kapal yang lewat (walaupun sekarang sudah tidak beroperasi).

Populasi orang Indonesia di tempat ini juga cukup banyak, sangat mudah menemukan orang Indonesia disini karena kebanyakan dari mereka juga sudah menetap di Amsterdam bekerja atau menikah dengan warga lokal. Hal ini juga terlihat dengan mudahnya ditemukan masakan Indonesia dibandingkan negara lain di Eropa.

Amsterdam sebagai suatu kota memang layak dikunjungi dengan kemudahan transportasi berupa bus, trem, metro, sepeda dan yang lainnya. Kehidupan malamnya juga hal yang wajib dicoba ketika berada di Amsterdam, karena kota ini tidak pernah tidur.

No comments: