Work Hard, Play Harder

Follow
Twitter @chalzable
Instagram ID = chalzable
Line ID = chalzable
Facebook and Email = hatebinz@yahoo.com


SoundCloud = https://soundcloud.com/ichaaal

Tuesday, September 3, 2013

Ubud, Bali














Ragam Variasi Wisata di Pulau Dewata
Mulai dari Wisata Pantai, Wisata Kuliner, Wisata Budaya dan Keindahan Panorama Alam

Bali sebagai salah satu destinasi wisata yang gaung suaranya sudah terdengar seantero dunia, wajar jika mempunya daya tarik khusus yang bisa ditawarkan kepada siapapun yang datang. Hal ini menjadi magnet, menarik minat traveler dan penikmat liburan. Beragam variasi tempat di tawarkan di Bali tergantung selera, mulai dari pantai sebut saja pantai Kuta, Sanur, Dreamland ditambah wisata ke tempat-tempat sakral seperti tanah lot, uluwatu temple, belum lagi suasana khas pedesaan begitu tenang dan hijau yang memberikan warna tersendiri seperti di Ubud. Beberapa tempat yang sudah sepantasnya menjadi agenda wajib untuk dikunjungi ketika berada di pulau dewata ini adalah Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana, Tanah Lot dan Ubud.

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana tempat patung berukuran raksasa Dewa Wisnu yang sedang menunggangi Garuda

Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana (Garuda Wisnu Kencana Cultural Park), disingkat GWK, adalah sebuah taman wisata di bagian selatan pulau Bali. Taman wisata ini terletak di tanjung Nusa Dua, Kabupaten Badung, kira-kira 40 kilometer di sebelah selatan Denpasar, ibu kota provinsi Bali. Di areal taman budaya ini, direncanakan akan didirikan sebuah landmark atau maskot Bali, yakni patung berukuran raksasa Dewa Wisnu yang sedang menunggangi tunggangannya, Garuda, setinggi 12 meter.
Area Taman Budaya Garuda Wisnu Kencana berada di ketinggian 146 meter di atas permukaan tanah atau 263 meter di atas permukaan laut.

Tempat ini sangat artistik, kita seperti di bawa bertahun-tahun kebelakang ke jaman kerajaan Majapahit, dimana kita bisa melihat bangunan-bangunan yang terbuat dari batu, lengkap dengan kolam teratai. Bebatuan tinggi seolah mengepung tempat ini, daya tarik tempat ini adalah patung utama, untuk mencapai patung wisnu yang berada di puncak bukit harus menaiki anak tangga. Ketika mencapai puncak pemandangan yang ditawarkan juga sangat menarik, patung besar berdiri kokoh di depan mata belum lagi rumah-rumah penduduk terlihat sangat jelas dari ketinggian. 

Menikmati keindahan Tanah Lot bersama ratusan wisatawan lokal dan mancanegara

Tanah lot juga sudah tidak asing lagi di telinga, bagi yang sudah pernah ke Bali bisa dipastikan sebagian besar pasti pernah mengunjungi tempat ini. Di sini ada dua pura yang terletak di atas batu besar. Satu terletak di atas bongkahan batu dan satunya terletak di atas tebing mirip dengan Pura Uluwatu. Pura Tanah Lot ini merupakan bagian dari pura Dang Kahyangan. Pura Tanah Lot merupakan pura laut tempat pemujaan dewa-dewa penjaga laut. Pura ini akan sulit di akses ketika air laut pasang karena terpisah dari pulau utama. Untuk mencapai pura ini, kita harus memarkir kendaraan di tempat yang telah disediakan dimana tempat parkirnya sudah disulap sedemikan rupa sehingga mampu menampung ratusan kendaraan. Setelah membayar retribusi di pintu utama kita harus berjalan kaki melewati toko-toko yang menawarkan berbagai jenis barang untuk buah tangan. Harga yang ditawarkan juga relatif murah, tergantung kemampuan kita menawar.

Tanah lot paling tepat dikunjungi saat menjelang sunset apalagi di tempat ini ada pertunjukkan tari kecak ketika petang. Sore itu langit sangat cerah dan air sudah pasang dengan ombak yang tinggi dan kuat, wajar jika ombak bertemu dengan dinding karang akan menghasilkan suara cukup nyaring dan cipratan air layaknya air mancur ke sekitarnya. Orang-orang berjubel mengabadikan gambar dengan background pura, karang dan ombak, betul-betul pemandangan yang sangat indah. Wajar jika tempat ini selalu dipenuhi oleh wisatawan lokal dan mancanegara mengingat pesona yang ditawarkannya.

Ubud sebuah panorama sempurna di antara sawah dan hutan yang terletak di antara jurang-jurang gunung

Siapa yang tidak tahu Ubud? Film Eat, Pray, Love yang dibintangi Julia Roberts mengambil tempat ini sebagai salah satu lokasi pengambilan gambarnya. Sawah hijau dengan udara yang sangat sejuk adalah ciri khas dari Ubud yang memang lokasinya lebih tinggi dari pada Kuta dan Denpasar. Ubud terkenal dengan kerajinan dan lukisannya, banyak pelukis terkenal lahir dan mencari inspirasi disini. Bahkan ada beberapa pelukis asing yang sengaja datang ke Ubud untuk melukis.

Wanara Wana atau Hutan Kera, (lebih dikenal dengan Monkey Forest) adalah kawasan hutan sakral yang terdapat di kawasan Ubud, tepatnya masuk ke dalam wilayah desa adat Padangtegal, Ubud. Di hutan ini terdapat sekawanan kera yang jumlahnya ratusan, yang telah menghuni kawasan ini selama ratusan tahun. Kita bisa menyentuh monyet-monyet tersebut dan meminta mereka mendekat dengan menawarkan pisang yang dijual di pintu masuk hutan, tetapi harus sedikit berhati-hati dengan barang bawaan, karena monyet disini terkenal agresif.

Bagi yang bosan dengan wisata pantai, Ubud bisa menjadi alternatif solusi liburan. Ubud juga memiliki tempat wisata kuliner yang terkenal, belum lagi menikmati hamparan sawah hijau di depan mata akan memberi sensasi tersendiri bagi siapapun yang melihatnya.

No comments: