Work Hard, Play Harder

Follow
Twitter @chalzable
Instagram ID = chalzable
Line ID = chalzable
Facebook and Email = hatebinz@yahoo.com


SoundCloud = https://soundcloud.com/ichaaal

Tuesday, September 3, 2013

South Lombok, Nusa Tenggara Barat















Lombok adalah sebuah pulau di kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara yang terpisahkan oleh Selat Lombok dari Bali di sebelat barat dan Selat Alas di sebelah timur dari Sumbawa. Walaupun gaung suara dari sektor pariwisata belum sebesar Bali tetapi Lombok memiliki potensi wisata yang tidak kalah dengan Bali. Salah satu tempat di lombok yang masih alami dan wajib untuk dikunjungi ketika berada di Lombok adalah Lombok bagian selatan mulai dari infrastruktur bangunan yang unik dan eksotisme Pantai Kuta dan Tanjung Aan. 

 
Adaptasi rumah adat sasak kepada bangunan dan resort di lombok selatan

Salah satu wujud pelestarian budaya di Lombok terlihat dari bentuk bangunan, rumah dan resort-resort di lombok selatan yang mengacu pada rumah adat suku sasak. Rumah adat Sasak pada bagian atapnya berbentuk seperti gunungan, menukik ke bawah dengan jarak sekitar 1,5-2 meter dari permukaan tanah. Atap dan bubungannya (bungus) terbuat dari alang-alang, dindingnya dari anyaman bambu, hanya mempunyai satu berukuran kecil dan tidak ada jendelanya. Ini yang membuat nuansa tradisional langsung terasa ketika berada di tempat ini, seperti di pantai kuta lombok resort besar yang ada di sana memilih infrastruktur bangunan diadaptasi dari rumah adat ini, hal yang patut diacungi jempol.


Eksotisme Pantai Kuta Lombok dengan dibentengi bukit-bukit menjulang di sekelilingnya

Ketika mendengar pantai Kuta, pikiran saya langsung diarahkan kepada pantai Kuta yang ada di Bali, mungkin kebanyakan dari kita juga akan berpikir seperti itu. Namun di ujung lombok bagian selatan, ada juga pantai Kuta yang sangat berbeda dengan pantai Kuta di Bali. Pantai kuta di Lombok jauh lebih sepi dan bersih dengan pemandangan panorama alam yang masih alami. Pantai kuta Lombok adalah sebuah pantai yang memiliki keindahan yang sangat luar biasa, pantai yang berpasir putih dihiasi dengan birunya air dengan gradasi hijau  di karenakan habitat bawah lautnya masih sangat terjaga kelestariannya yang di antaranya seperti blue coral dan red coral bisa kita jumpai di tempat ini, Ombak yang lumayan besar juga menjadikan tempat ini sebagai salah satu surga bagi para pecinta surfing baik itu para surfer lokal ataupun mancanegara.

Salah satu keunikan Pantai Kuta Lombok adalah pasir putihnya yang begitu unik berbentuk seperti butiran-butiran merica yang sangat sulit kita temukan di daerah wisata pantai lainnya, Butiran pasir inilah yang membuat kebanyakan pengunjung betah berlama-lama di Pantai. Selain pasirnya yang unik di pantai ini juga terdapat deretan bukit-bukit yang menjulang berukuran sedang, Deretan-deretan perbukitan inilah yang menciptakan perpaduan warna yang molek diantara birunya air laut dan putihnya pasir pantai.

Menariknya bukit-bukit tersebut bisa didaki dengan mudah, dan ketika berada di puncak kita bisa melihat pemandangan yang menakjubkan dari atas ditemani dengan segarnya udara khas laut serta gradasi air laut, pasir putih, hijaunya pepohonan, sangat indah.

Hamparan pasir putih berpadu dengan bebatuan karang di Tanjung Aan

Tidak jauh dari pantai kuta tepatnya di sebelah timur, terdapat Tanjung Aan. Jika dari Mataram, perjalanan dengan menggunakan mobil memakan waktu sekitar 2 jam ke Lombok Selatan. Pantai Tanjung Aan telah menjadi ikon wisata dari Lombok. Pantainya sangat cantik, bersih dan tenang. Setibanya di pantai ini perpaduan pemandangan antara pasir yang putih, air laut yang biru dan awan yang cantik spontan menyambut siapapun yang datang. Pantai Tanjung Aan memang terkenal dengan pasirnya yang putih dan bersih. Oleh karena itu, keindahan Pantai Tanjung Aan telah menyihir wisatawan mancanegara.

Yang menarik perhatian saya adalah kombinasi batu-batuan dan pasir yang sangat putih sepanjang mata melihat, membuat pantai ini seakan mempunyai identitas tersendiri dan membedakan dengan pantai yang lainnya. Jika melihat air lautnya, akan ada perpaduan tiga warna. Dari warna pasirnya yang putih kekuningan, akibat terkena sinar matahari, dan air laut yang berwarna kehijauan, yang masih dekat dengan bibir pantai, serta di kejauhan air lautnya berwarna biru. Ada beberapa resort atau penginapan di Pantai Tanjung Aan. Akan tetapi, jangan bayangkan penginapan di Kuta, Bali atau di Tanjung Lesung, yang mempunyai acara pesta-pesta di pinggir pantai. Penginapan-penginapan di Pantai Tanjung Aan, hanya menyediakan tempat untuk tidur dan menginap saja. Tak heran, banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini untuk mencari ketenangan.

Pantai Tanjung Aan akan menjanjikan ketenangan dan kecantikan yang sempurna. Dijamin, Anda tidak akan menyesal saat datang ke sana.

No comments: