Work Hard, Play Harder

Follow
Twitter @chalzable
Instagram ID = chalzable
Line ID = chalzable
Facebook and Email = hatebinz@yahoo.com


SoundCloud = https://soundcloud.com/ichaaal

Tuesday, September 3, 2013

Amsterdam, Belanda



















Amsterdam
Kota cantik berasal dari bendungan sungai Amstel


Jika dihadapkan pada pertanyaan, sebutkan satu kota di Belanda yang pertama kali muncul dipikiran? Saya pribadi dan kemungkinan kebanyakan orang akan menjawab Amsterdam. Amsterdam adalah kota terbesar sekaligus ibu kota Belanda. Kota ini terletak di provinsi Holland Utara di sebelah barat negara ini.

Nama Amsterdam ini berasal dari kata Amstelredamme, yang merupakan asal usul kota ini, yaitu sebuah bendungan di sungai Amstel. Dulunya dihuni sebagai desa nelayan kecil pada akhir abad ke-12, Amterdam menjadi salah satu pelabuhan terpenting di dunia selama Masa Keemasan Belanda, akibat pengembangan perdagangan yang inovatif.

Tempat-tempat wisata utama Amsterdam, termasuk kanal-kanal bersejarahnya, Rijksmuseum, Van Gogh Museum, Stedelijk Museum, Hermitage Amsterdam, Anne Frank House, Amsterdam Museum, distrik lampu merah, dan kedai kopi cannabisnya menarik lebih dari 3,66 juta wisatawan mancanegara setiap tahunnya.

Grachtengordel, Amsterdam kota kanal yang mendunia

Kanal-kanal di Amsterdam memang sudah mendunia layaknya kanal-kanal di Venice, Italia. Bahkan kedua negara ini menjadikan kanal ini sebagai wisata tersendiri. Bahkan Kanal-kanal Amsterdam (Belanda: 'Grachtengordel') abad ke-17 yang berada di jantung Amsterdam dimasukkan ke Daftar Warisan Dunia UNESCO pada Juli 2010.

Di Amsterdam wisata canal cruise yaitu mengarungi kanal-kanal kota tua sambil mendengarkan sejarah kota bahkan tersedia dalam 4 bahasa salah satunya bahasa Indonesia adalah hal yang wajib dilakukan siapa saja yang datang ke kota ini, istilah penduduk setempat kita tidak benar-benar melihat Amsterdam jika tidak menyusuri kanal-kanal tersebut.

Pemandangan perumahan dengan bentuk jendela yang khas, jembatan yang jumlahnya ratusan, kompleks pertokoan, gereja, cafe terlihat dalam perspektif yang berbeda ketika dilihat dari atas kapal yang di desain sangat nyaman dengan harga terjangkau. Amsterdam juga termasuk kota yang padat penduduknya, dengan jumlah lahan darat yang terbatas, para penduduk yang tidak kebagian jatah tanah harus mendirikan rumah untuk tempat tinggal di atas perahu di sisi-sisi kanal. Rumah perahu di Amsterdam jumlahnya sudah mencapai lebih dari 2500 buah, yang jelas untuk mendirikan rumah perahu ijin dari pemerintah setempat wajib didapatkan terlebih dahulu.

 
Pesona pusat kota Amsterdam dengan Royal Palace, Madame Tussaud dan Nieuwe Kerk

Ketika turun dari stasiun kereta utama di Amsterdam (Central Station) dengan berjalan kaki kurang dari sepuluh menit ke arah dam, maka pusat kota Amsterdam dengan Royal Palace, Madame Tussaud dan Nieuwe Kerk sudah terlihat.

Jalan yang dilalui mayoritas wisatawan untuk mencapai pusat kota adalah Damrak, disini ramainya pejalan kaki dengan pertokoan, hotel, restoran di satu sisi dan jalur trem, bus di sisi lainnya adalah sisi lain Amsterdam selain kanal-kanalnya. Apalagi di saat summer, jalan ini akan penuh oleh wisatawan.

Sesampainya di dam, maka halaman luas berlatar belakan Royal Palace bersebelahan dengan Nieuwe Kerk  dan dipenuhi oleh merpati akan terlihat paling menonjol. Yang paling menarik di tempat ini adalah kereta kuda yang memang tersedia di depan palace dan bisa disewa untuk berkeliling, anak-anak berlarian mengejar sekumpulan merpati yang terbang rendah juga pemandangan berbeda yang ditawarkan.

Namun selagi berada disini yang tidak boleh ketinggalan adalah Madame Tussaud, salah satu atraksi di Amsterdam yang paling terkenal. Madame Tussaud adalah gedung yang dipenuhi oleh replika tokoh-tokoh dunia, selebritis dunia yang dibuat sama persis dari lilin mendekati aslinya. Dengan membayar 22 Euro per orang kita sudah bisa masuk dan berfoto dengan Lady Gaga, Brad Pitt dan Angelina Jolie, Presiden Obama bahkan Albert Einstein sampai Mahatma Gandi juga Spiderman. Di tempat ini juga disediakan settingan tempat yang unik, seperti podium dengan blower bersama Monroe lengkap dengan baju dan wig blonde nya bagi pengunjung, meja bundar dan kursi bersama George Clooney dan banyak lagi. Madame Tussaud jelas tidak bisa dilewatkan ketika berada di Amsterdam.

Mengunjungi museum-museum di Amsterdam, unik dan beragam

Amsterdam juga kaya akan jumlah museumnya. Ke arah vondelpark, di depan gedung konser megah Concert-Gebouw maka akan ditemukan taman hijau sangat luas dimana digunakan warga setempat untuk sekedar bersantai, bermain frisbee buat anak-anak bahkan bermain air di dalam kolam yang ada di taman. Di sekitar taman ada 4 museum yang berdiri mulai dari Rijksmuseum, Diamant museum, Van Gogh Museum dan Stedelijk Museum.
Dekat pusat kota tepatnya tepat di depan central station ada satu museum unik yaitu Sex museum Venustempel yang ramai dikunjungi wisatawan saat malam hari.

No comments: