Work Hard, Play Harder

Follow
Twitter @chalzable
Instagram ID = chalzable
Line ID = chalzable
Facebook and Email = hatebinz@yahoo.com


SoundCloud = https://soundcloud.com/ichaaal

Tuesday, September 3, 2013

Extraordinary Iboih and Gapang, Weh Island, Aceh


Berkunjung ke Pulau Weh, maka sudah jelas wisata pantai menjadi agenda wajib. Kegiatan yang dilakukan juga variatif mulai dari snorkeling, diving, memancing atau hanya sekedar berenang, berjemur di tepi pantai sembari menikmati hari. 

Pulau Weh memiliki pemandangan pantai yang indah dan koral-koral tepi pantai yang jernih. Pantai di pulau ini juga sangat beragam dan menarik untuk dikunjungi, beberapa primadonanya seperti Pantai Iboih dan Pantai Gapang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal dan mancanegara. 

Sensasi snorkeling dan diving di birunya laut Pantai Iboih 

Bagi penggemar snorkeling, Pantai Iboih patut menjadi pilihan jika ingin berlibur di daerah wisata pantai. Pantai yang berada sekitar 22 kilometer sebelah barat kota Sabang ini merupakan surga dengan keindahan terumbu karang di dasar laut tidak jauh dari pinggir pantai. Penyewaan alat snorkeling dan diving juga tersedia di tempat ini. Berenang tanpa menggunakan alat snorkeling sebenarnya tidak masalah karena laut di pantai ini sangat jernih dan biru. Bahkan dari atas dermaga saja dasar laut kedalaman 2 meter bisa jelas terlihat dengan indahnya biota laut dari ikan berwarna-warni hingga bintang laut. Beberapa cottage atau tempat menginap juga tersedia di Iboih, jelas pihak pengelola penginapan memilih tempat yang sempurna dengan pemandangan dari cottage yang langsung menghadap laut membuat Iboih sangat sesuai untuk mendapatkan sensasi liburan yang tenang.  

Pulau Gapang dengan pasir putih, ombak tenang dan pantai yang bersih 

Pantai gapang berlokasi tidak jauh dari Pantai Iboih, berjarak sekitar 18 km dari pusat kota. Sama seperti Pantai Iboih tempat ini cocok untuk snorkeling dan diving walaupun masih relatif lebih sepi dibanding Iboih. Yang menarik dari pantai gapang adalah selain penginapan yang berada persis di pinggir pantai, aktivitas memancing disini cukup terkenal. Biasanya para pemancing berbaris di sebuah dermaga yang lumayan besar dan memanjang ke arah tengah laut. Bagi yang membawa keluarga terutama anak-anak, pantai gapang juga adalah tempat yang tepat untuk wisata keluarga.  


0 KM Indonesia, di ujung Indonesia saya berdiri 

Sebuah lokasi yang wajib dikunjungi saat berwisata ke Pulau Weh adalah Tugu Nol Kilometer Indonesia yang merupakan penanda ujung paling barat Indonesia. Sebuah patung burung Garuda bertengger di puncak tugu yang diresmikan oleh Wakil Presiden Indonesia Try Sutrisno pada tahun 1997. Sedangkan di tengahnya terdapat batu berisi informasi longitude dan latitude (bujur lintang). Pemandangan laut lepas terlihat dari monumen ini, menjadikan tempat ini semakin sempurna. Menginjakkan kaki di ujung Indonesia menjadi salah satu pengalaman paling menarik dan sulit untuk dilupakan. Buktikan Sendiri :)

No comments: