Work Hard, Play Harder

Follow
Twitter @chalzable
Instagram ID = chalzable
Line ID = chalzable
Facebook and Email = hatebinz@yahoo.com


SoundCloud = https://soundcloud.com/ichaaal

Tuesday, September 3, 2013

Biarrtiz, South France














Biarritz, Keindahan Pantai di Selatan Perancis


Jika mendengar kata Perancis, bagi kebanyakan orang yang akan terbesit pertama kali di pikiran adalah Paris yang memang sangat mahsyur namanya seluruh dunia dimana menara eiffel berdiri tegak di kota ini. Namun ada satu tempat yang suasananya sangat berbeda dengan Paris karena letaknya di sea side, Biarritz.
Biarritz yang letaknya dekat dengan perbatasan negara Spanyol ini juga terkenal sebagai kota tempat Tetirah atau (health resort). Kota ini merupakan tempat yang sangat menyenangkan dan ideal bagi penikmat mode dan juga seni. Dulunya Biarritz hanya satu desa Nelayan yang tidak terlalu dikenal. Pada saat ratu Eugenie, istri Napoleon III mengunjungi kota ini, maka dibangunlah satu gedung sebagai kediaman mereka. Kemudian bangunan ini menjadi tempat kediaman tetap mereka selama mengunjungi Biarritz pada setiap musim panas. Sekarang gedung menjadi sebuah hotel dengan nama “ Hotel du Palais”, biasa juga di sebut sebagai “Eugenie Palace”.

Sore itu saya bersama seorang kolega dari Perancis yang memang tau tentang seluk beluk Perancis berangkat dari Bellocq karena ada pekerjaan di kota ini sepanjang siang. Perjalanan menuju Biarritz dari Bellocq kami tempuh dengan menggunakan mobil sewaan yang kami sewa di airport lengkap dengan GPS. GPS yang terintegrasi di mobil sangat membantu sekali walaupun semuanya dalam bahasa perancis, untuk menuju Biarritz sangatlah mudah begitupun dengan kota-kota lain di sekitar Perancis, karena adanya akses highway untuk jalan darat yang sangat nyaman, besar dan memungkinkan untuk sampai ke tempat tujuan lebih cepat, layaknya jalan tol di Indonesia (walaupun jalan tol Jakarta tidak bisa menjamin kita bisa terbebas dari kemacetan). Kurang lebih sekitar satu jam perjalanan dibutuhkan untuk mencapai Biarritz, semakin dekat dengan sisi pantai jumlah bangunan semakin banyak dan semakin tinggi, wajar saja karena siapa yang bisa menolak pesona pantai Biarritz yang terkenal dengan keindahannya sehingga ramai orang berbondong-bondong membangun apartemen, hotel di sekitar sisi pantai Biarritz dengan harga yang tidak bisa dibilang terjangkau.


Pesona Pantai berpasir putih dengan arsitektur bangunan menakjubkan di sisi pantai

Setelah tiba di Biarritz, langsung memarkirkan kendaraan di basement parking area yang memang disediakan karena terbatasnya area parkir di sisi jalan. Setelah berjalan kaki sebentar tibalah di sisi pantai biarritz dimana sepanjang pesisir pantai dipenuhi oleh hotel, apartemen, restoran dan kafe. Bangunan-bangunan yang rata-rata berlantai lebih dari tiga ini tertata sangat rapi dan sangat indah menjadikan semua perpaduannya terlihat sempurna.

Saya melepas sepatu saya dan berjalan menyisir pantai dengan ombak yang kebetulan hari itu cukup tenang, beberapa orang terlihat berenang di sejuknya air laut, beberapa keluarga bersantai di sisi pantai dan bermain bersama anak-anak mereka di puncak summer sekitar bulan Juni tempat ini akan dipenuhi oleh wisatawan karena cuacanya yang sangat pas.

Setelah puas merendamkan kaki di sejuknya air laut, saya menyusuri sisi jalan yang sedikit menanjak sehingga bisa melihat pantai dari ketinggian, degradasi warna air laut dan perpaduan dengan warna langit yang sedikit mendung sore itu. Di tempat ini banyak terdapat kursi-kursi di tepi jalan yang memang ditujukan buat mereka yang ingin bersantai dan melihat pantai. Tepat di atas bukit terdapa katedral berukuran sedang dengan arsitektur yang khas dan memungkinkan bagi siapa saja untuk masuk ke dalamnya selama tidak mengganggu.


Virgin on the Rock, patung kokoh di antara kokohnya batu karang

Di sisi pantai yang lain terdapat jembatan dari batu yang bisa dilintasi menuju ke bagian tengah karang yang sedikit menjorok ke laut dan terhubung dengan batu karang yang tinggi, disini terdapat teleskop untuk melihat lebih jauh sisi pantai juga perkampungan nelayan bisa terlihat jelas dan hamparan pasir putih luas dengan ratusan orang berada di atasnya, pemandangan yang indah.

Ada satu monumen yang menarik di sisi pantai biarritz yaitu virgin on the rock, berwujud patung wanita berwarna putih dan menghadap laut, untuk mendekat ke tempat ini harus melewati jembatan batu dan sesekali mendapat terpaan air laut karena ombak yang menghantam karang. Dari tempat ini terlihat pemandangan pantai yang luas yang memungkinkan dari pesisir pantainya Spanyol bisa terlihat karena memang letak Biarritz  yang sangat dekat dengan perbatasan. Biarritz banyak menjadi alternatif orang berkebangsaan perancis untuk menghabiskan masa tua ketika pensiun, wajar jika apartemen-apartemen yang ada di pesisir pantai walaupun harganya relatif mahal tetapi jarang ada yang kosong.


Bagi anda pecinta pantai, maka Biarritz wajib menjadi salah satu tujuan wisata anda ketika berada di Perancis. Bon Voyage,. Selamat Berlibur,.

No comments: