Work Hard, Play Harder

Follow
Twitter @chalzable
Instagram ID = chalzable
Line ID = chalzable
Facebook and Email = hatebinz@yahoo.com


SoundCloud = https://soundcloud.com/ichaaal

Tuesday, September 3, 2013

Karimunjawa













Karimunjawa
A journey to paradise


Satu lagi alasan kenapa Indonesia harus bangga dengan potensi wisata bahari yang dimilikinya. Berbeda dengan Raja Ampat dan Wakatobi yang namanya baru menggema belakangan ini, Karimunjawa sudah cukup familiar di telinga pecinta wisata. Salah satu alasannya karena posisi yang strategis dan biaya yang relatif terjangkau untuk mencapai tempat ini.


Perjalanan penuh kesabaran menuju Karimunjawa

Karimunjawa merupakan sebuah taman nasional berupa gugusan 22 pulau yang terletak di laut jawa. Karimunjawa masuk ke dalam provinsi Jawa Tengah dengan kota yang paling dekat adalah Jepara. Cara paling umum yang digunakan untuk mencapai Karimunjawa adalah dengan naik kapal penumpang dari Dermaga Kartini, Karimunjawa dengan jarak tempuh 5-6 jam dengan kapal penumpang biasa, atau jika ingin merogoh kocek lebih bisa dengan kapal cepat dengan waktu tempuh sekitar 2,5 jam, memang cukup lama dan butuh kesabaran ekstra.

Yang perlu diperhatikan adalah angkutan penumpang ke Karimunjawa tidak tersedia setiap hari dan jadwal bisa berubah tergantung kondisi laut. Sehingga komunikasi dengan pihak penyedia jasa wisata mutlak diperlukan untuk mengetahui jadwal kapal. Airport terdekat dari Karimunjawa ada di kota Semarang, 2 jam perjalanan dari Jepara.


Menikmati sore di lingkungan warga dan mengejar sunset dari ketinggian bukit joko tuwo

Karimunjawa pulau terbesar dengan pemukiman penduduk yang cukup ramai untuk ukuran pulau. Bagi wisatawan juga tidak perlu khawatir untuk mencari makanan, toko-toko karena di tempat ini banyak yang menyediakan fasilitas tersebut.

Yang tidak boleh dilewatkan ketika berada di pulau ini adalah menikmati sunset dari ketinggian Bukit Joko Tuwo yang ditempuh dengan trekking. Perjalanan ke bukit Joko Tuwo melewati pemukiman penduduk lokal, sehingga menikmati sore sekaligus berinteraksi dengan warga lokal adalah hal menarik yang bisa dilakukan.
Sesampainya di puncak bukit Joko Tuwo panorama alam karimunjawa dan pulau disekitarnya terlihat jelas disini. Prosesi tenggelamnya matahari dari ketinggian sungguh sangat indah, sangat sayang jika dilewatkan.


Nikmatnya snorkeling di Pulau Kecil Karimunjawa

Dari 22 gugusan pulau di Taman Nasional Karimunjawa, Pulau Kecil termasuk salah satu tempat yang menjadi spot snorkeling paling dikenal. Pulau kecil berpasir putih dengan air sangat bening sehingga kita dapat melihat permukaan laut ketika kapal mendekati dermaga.

Sensasi segarnya air laut dipadukan dengan populasi ikan beraneka warna yang bermain-main diantara indahnya terumbu karang membuat Pulau Kecil menjadi tempat yang tidak boleh dilewatkan untuk dikunjungi. Snorkeling, berenang atau sekedar bersantai di pantai berpasir putih adalah aktivitas yang bisa dilakukan ditempat ini.


Menikmati makan siang di Pulau Tengah dengan panorama alam luar biasa

Puas snorkeling di Pulau Kecil saatnya menyantap makan siang di pulau. Tidak ada yang lebih tepat untuk menyantap makan siang selain di Pulau Tengah, rindangnya pepohonan dengan rerumputan hijau disekitar pulau belum lagi pemandangan pantai indah adalah hal yang ditawarkan pulau tengah.

Mengabadikan gambar di pantai pulau tengah tidak akan ada habisnya. Karena banyak tempat yang memiliki pemandangan panorama alam yang juara. Sangat tepat rasanya jika menghabiskan waktu bersama teman, sahabat atau keluarga di tempat ini.

Jadi bagi anda yang mendambakan liburan murah dan tidak terlalu jauh, maka Karimunjawa jelas wajib masuk dalam daftar wisata anda. Selamat berlibur

No comments: