Work Hard, Play Harder

Follow
Twitter @chalzable
Instagram ID = chalzable
Line ID = chalzable
Facebook and Email = hatebinz@yahoo.com


SoundCloud = https://soundcloud.com/ichaaal

Tuesday, September 3, 2013

Florence, Italy
















Florence (Firenze) dikenal sebagai Europe's premier artistic capital karena peninggalan warisan Renaissance terlihat jelas di museum, gerja bahkan galeri-galeri di kota. Florence merupakan tempat kelahiran Renaissance, sejak abad ke-14 sampai 16, Firenze dikenal sebagai pusat budaya, ekonomi dan keuangan penting di Italia dan Eropa sehingga dijuluki "Athena di Barat".

Florence dianggap sebagai kota pelopor kebangkitan seni budaya Italia. Karya sastra yang lahir dari sastrawan besar asal Firenze seperti Dante, Boccaccio, dan Petrarch, ditulis dalam dialek Toscana yang kemudian berkembang menjadi bahasa Italia moderen.
Sebagian besar orang-orang yang berperan dalam perkembangan Renaissance banyak lahir di Florence dan sekitarnya seperti Giotto, Luca della Robbia, Botticelli, Verrocchio, Fra Angelico, Leonardo da Vinci dan Michelangelo. Tokoh-tokoh asal Florence lain yang berpengaruh dalam berbagai bidang antara lain Brunelleschi (arsitek), Donatello (pematung), dan Mosaccio (pelukis). Machiavelli dan Guicciardini yang merupakan bapak politik dan sejarah moderen juga lahir di sini. Galileo juga berasal dari Toscana dan akhir hidupnya dihabiskan di Florence.


Piazza del Duomo, jantung kota bernuansa religius

Piazza del Duomo adalah salah satu kawasan bersejarah dengan bangunan paling penting seperti Duomo (katedral gaya Italia) seperti Basilica di Santa Maria del Fiore (Katedral Firenze) dengan kubah menjulang hasil rancangan Brunelleschi. Bangunan utama katedral bergaya arsitektur Romanesque dirancang oleh Arnolfo di Cambio, dibangun mulai 1296 dan selesai pada tahun 1436. Kini Katedral Firenze dijadikan Situs Warisan Dunia UNESCO. Santa Maria del Fiore ini terdiri dari beberapa bagian, sebuah kubah besar dibagian depan bernama Battistero di San Giovanni, kemudian menara tinggi yang dilengkapi terra-cotta reliefd bernama Companile dan Dome tinggi di bagian belakang yang dibangun oleh Brunelleschi. Belum lagi di interior dome terdapat lukisan "Last Judgement" frescoes oleh Vasari.

Untuk mencapai duomo inipun sangat mudah dan hanya berjalan kaki 10 menit dari stasiun kereta utama di Florence, Firenze di Santa Maria Novella. Tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan bahkan saat malam sekalipun. Penginapan dan hotel juga bertaburan di sekitar duomo ini jadi wajar jika ditempat ini berbagai ras bisa ditemukan.

Kemegahan Palazzo Vecchio dan Santa Maria Novella

Palazzo Vecchio terdapat di Piazza della Signoria karena gedungnya yang besar seakan-akan mendominasi Piazza della Signoria ini. Palazzo Vecchio sendiri mulai berdiri 1299 dengan arsitektur khusus cathedral Arnolfo di Cambio.
Keindahan Palazzo Vechio ditrambah dengan patung-patung dewa yang menjulang tinggi membuat siapapun yang melihat kagum, wajar jika untuk mengabadikan gambar ditempat ini harus rela bergantian.

Salah satu bangunan yang wajib dikunjungi ketika Florence adalah Santa Maria Novella, aksesnya sangat mudah karena berada di depan stasiun kereta utama di Florence. Santa Maria Novella ini termasuk gereja terpenting di florence. Dengan marble patterning di dindingnya membuatnya sangat unik dan artistik untuk ukran sebuah gereja.

Menyusuri Ponte Vecchio dan menikmati Galleria dell Accademia

Sungai Arno mengalir ke arah barat melewati pusat kota Firenze. Pada musim panas, sungai ini dangkal, namun hujan lebat dapat mengakibatkan banjir besar, seperti yang terjadi pada November 1966. Ada 7 buah jembatan yang melintasi Sungai Arno di Firenze, seperti Ponte Vecchio (1333) yang saat ini ditutup untuk kendaraan. Di atas jembatan ada koridor yang menghubungkan Uffizi ke Palazzo Pitti. Ponte Vecchio satu-satunya yang selamat dari pemboman tentara Jerman pada Perang Dunia II yang meruntuhkan 5 buah lainnya, termasuk Ponte Santa Trinita karya Bartolommeo Ammanati. Kini seluruh jembatan sudah direkonstruksikan kembali ditambah satu jembatan lagi yang dinamakan Amerigo Vespucci, seorang petualang besar asal Firenze. Di sebelah selatan Ponte Vecchio ada Via Guicciardini, dengan toko-toko kecil yang menjual kerajinan batu pualam, kulit dan ukiran cameo. Ke arah selatan lagi, lewat Palazzo Guicciardini terdapat Palazzo Pitti.

Jika anda bertanya jembatan apa yang paling terkenal di Florence kepada penduduk lokal, maka sudah jelas jawabannya adalah Ponte Vecchio yang . Cukup 5 menit berjalan kaki dari Duomo, jembatan merangkap toko perbelanjaan mayoritas perhiasan ini sudah terlihat. Tempat ini selalu ramai oleh wisatawan karena jembatan ini penghubung ke beberapa tempat wisata seperti Palazzo Pitti, Museo degli Argenti dengan Piazza della signoria dimana Palazzo Vecchio berdiri.

Rasanya dengan berbagai tempat dengan high class architecture nya sudah cukup membuat florence menjadi tempat yang wajib dikunjungi ketika berada di Italy. Selamat berlibur

No comments: