Work Hard, Play Harder

Follow
Twitter @chalzable
Instagram ID = chalzable
Line ID = chalzable
Facebook and Email = hatebinz@yahoo.com


SoundCloud = https://soundcloud.com/ichaaal

Tuesday, September 3, 2013

Barcelona, Spain













Barcelona
Menikmati karya seni Antoni Gaudi yang tersohor


Barcelona adalah sebuah kota di Spanyol yang merupakan ibukota wilayah otonom Katalonia. Barcelona juga kerap disebut sebagai "Parisnya Spanyol" atas dasar warisan budayanya yang sangat kaya juga kecantikannya yang tidak perlu diragukan lagi.

Salah satu seniman dan arsitektur yang paling berpengaruh di Barcelona adalah Antoni Gaudi yang banyak merancang kuil-kuil da bangunan yang membuat kota ini seperti galeri hidup dan menjadikannya semua terkesan istimewa. Berikut kita akan melihat hasil karya Gaudi yang tersohor.


La Sagrada Familia, gereja Katolik Roma raksasa sebagai ikon kota Barcelona

Gereja ini aslinya dirancang oleh Antoni Gaudi (1852-1926) yang bekerja di proyek ini selama 40 tahun, mengabdikan 15 tahun terakhir masa hidupnya terhadap proyek besar ini.
Konstruksi gereja ini dimulai pada tahun 1882 dan berlangsung hingga hari ini yang rencananya akan diselesaikan pada tahun 2026.

Gereja Expiatori de la Sagrada Familia yang biasanya hanya disebut Sagrada Familia telah menjadi ikon kota layaknya menara eiffel di Paris yang tidak hentinya dikunjungi oleh wisatawan yang berkunjung ke Barcelona. Walaupun konstruksinya yang masih dalam proses tidak mengurangi keindahan Sagrada Familia.


Guell Palace, rumah seni karya fundamental Gaudi

Bangunan yang masuk ke dalam daftar World Heritage oleh UNESCO pada tahun 1884 atas keindahan sejati dan arsitektur mengagumkan tadinya merupakan tempat tinggal keluarga Guell, namun sekarang sudah dibuka untuk umum tanpa mengubah secara esensial bentuk dan isi bangunannya.

Perpaduan kekayaan konstruksi, solusi untuk ornamen serta konsep ruang juga manipulasi cahaya membuat bangunan ini indah dilihat dari berbagai sisi. Kolaborasi baja, kermaik, gelas, batu dan kayu membuat tempat ini sangat unik. Bangunan yang terdiri dari beberapa ruangan menawarkan pemandangan berbeda-beda dari basement sampai atap.

Spot yang paling saya suka adalah bagian atap dimana didekorasi dengan trencadis (mosaic of broken tile shards) dangan bentuk yang sangat imaginatif dan kaya warna membuatnya sangat indah. Wisatawan yang berkunjung juga dimudahkan dengan panduan audio yang tersedia dalam 8 bahasa dan guide yang siap membantu.


Park Guell, keindahan taman benuansa artistik

Salah satu karya lain Antoni Gaudi yang tidak boleh ketinggalan adalah Park Guell. Walaupun lokasinya diatas bukit dan harus mengeluarkan tenaga ekstra untuk menuju ke tempat ini, tapi semua sebanding dengan apa yang Park Guell tawarkan.

Awalnya taman ini adalah taman residensial sampai akhirnya Guell mendonasikan taman ini kepada Municipal Council tahun 1923 dan dibuka untuk umum setelah itu. Bagi yang ingin menyaksikan hasil karya Antoni Gaudi yang berpadu dengan alam yang sering dikatakkan menjadi inspirasi Gaudi bisa ditemukan di tempat ini.

Pastikan ketiga tempat ini menjadi agenda wajib anda ketika berkunjung ke Barcelona. Karena karya seni hidup terpancar dari setiap hasil kerja Antoni Gaudi. Beruntung Spanyol mempunyai seniman yang luar biasa ini.

No comments: