Work Hard, Play Harder

Follow
Twitter @chalzable
Instagram ID = chalzable
Line ID = chalzable
Facebook and Email = hatebinz@yahoo.com


SoundCloud = https://soundcloud.com/ichaaal

Saturday, March 7, 2015

OIA Santorini



Oia Santorini
Mahakarya keindahan di Lautan Aegean


Sebagai negara kepulauan, Indonesia mempunyai sejumlah pantai, laut dan pulau yang kecantikannya menjadi perhatian dunia. Namun bagaimana dengan bangunan-bangunan yang berdiri kokoh di atas kaldera dengan dominasi warna putih bersih dan biru cerah? Hanya Santorini yang bisa menawarkan pemandangan ini.

Salah satu dari kota-kota yang spektakuler keindahannya adalah Oia, yang merupakan tempat yang paling penting untuk dikunjungi ketika berada di Santorini.


Amoudi Bay, Teluk dengan air berwarna biru kehijauan

Tujuan pertama saya ketika berada di Oia selain untuk melihat matahari terbenam adalah mengunjungi Amoudi Bay. Amoudi Bay menjadi sasaran wisatawan ketika summer untuk berenang dan menikmati seafood lezat yang disajikan oleh restoran lokal di sisi pantai. Namun pada saat musim dingin Amoudi Bay tidak kalah cantiknya, perpaduan satu sisi tebing batu kokoh berwarna coklat kemerahan berhiaskan bangunan khas berwarna putih dengan kubah biru dan di sisi lain adalah laut dengan ombak yang relatif kecil berwarna biru kehijauan menjadikan tempat ini mampu memukau siapa saja yang datang.

Untuk menuju Amoudi Bay ada beberapa alternatif, yang paling mudah adalah dengan menggunakan kendaraan bermotor seperti mobil, scooter atau ATV yang banyak disewakan di sepanjang jalan di Fira (ibukota Santorini). Sedangkan jika ingin alternatif yang lebih menantang bisa jalan kaki menuruni anak tangga sambil melihat pemandangan laut dan volcano di kejauhan. Namun semua perjalanan akan terbayarkan begitu melihat indahnya pemandangan Amoudi Bay.

Bangunan putih bersih berkubah biru, sebuah ikon kota

Santorini memang selain kaldera dan pantainya juga terkenal dengan uniknya bangunannya. Bangunan berwarna putih bersih dengan kubah biru kerap menghiasi kartu pos atau publikasi wisata di internet, karena bangunan ini melengkapi keindahan panorama alam Santorini. Oia merupakan salah satu dari 4 kota yang berada di kaldera selain Fira, Firostefani dan Imerovigli yang menawarkan kompleks bangunan yang sempurna.

Banyak orang yang datang ke Oia untuk sekedar mengambil foto prawedding atau bahkan menikah di tempat ini. Karena bisa dibilang mengambil gambar dari sudut manapun di Oia akan nampak bagus karena kota ini memiliki semua aspek keindahan.

Memanjakan mata dan lidah dengan wisata budaya dan kuliner

Oia termasuk kota yang paling sering dikunjungi wisatawan ketika berada di Santorini. Sehingga dari segi makanan tidak akan sulit untuk menemukannya, salah satu yang menjadi favorit saya adalah seafood dan pasta yang diolah sendiri oleh restoran lokal. Rasa yang lezat dengan porsi jumbo untuk ukuran orang Indonesia menjadikan wisata kuliner di Oia adalah suatu sensasi tersendiri.

Puas berwisata kuliner jangan lupa untuk menyusuri kota berupa jalan setapak berukuran tidak lebih dari 3 meter lebarnya dimana menawarkan berbagai macam atribut, mulai dari souvenir, pakaian, perhiasan bahkan lukisan karya seniman Yunani sembari menikmati pemandangan menakjubkan.

Keindahan sejati matahari terbenam di Oia

Salah satu atraksi utama di Santorini dan Oia khususnya adalah menyaksikan matahri terbenam. Di sini kita dapat melihat sunset terbaik, sampai-sampai mendapat predikat “No.1 location of the World’s Best Sunsets” oleh RatesToGo. Memang pada sore hari, turis-turis dari Fira dan Firostefani berkumpul di Oia hanya untuk menikmati sunset semata. Sinar Matahari yang berwarna putih kekuningan tampak menyinari banguna-bangunan di sepanjang kaldera Oia sehingga memberikan kesan tersendiri akan suasana mediteranian.

Tips&Trick mengunjungi Oia, Santorini

1.       Gunakan Bus Umum dari Fira untuk menuju Oia, selain dari harga yang lebih ekonomis frekuensi perjalanan ada di setiap jam
2.       Siapkan sunblock mengingat Oia sangat panas terutama saat summer
3.       Jangan mengunjungi restoran yang tidak mencantumkan harga di menu, karena harganya bisa sangat mahal
4.       Penginapan relatif lebih mahal di Oia, alternatif lain adalah menginap di Fira atau Firostefani.

*END*








No comments: